Pages

Kamis, 05 Desember 2013

Sebuah Bintang Meledak di Bagian Rasi Centaurus

    

     Sebuah bintang meledak atau nova kembali muncul dan kali ini hanya para astronom langit bagian selatan saja yang dapat melihatnya. Ditemukan pada 2 Desember oleh Pemburu Nova dari Australia John Seach, menggunakan kamera DSLR ia berhasil menemukan sebuah nova baru dengan lokasi rasi centaurus tepatnya di sebelah barat bintang Alpha Centauri dan Beta Centauri. Nova yang ditemukan memiliki magnitudo semu 5,5. Dibulan November tanggal 26 yang lalu, John Seach melakukan pemotretan dan tidak menemukan bintang terang dengan magnitudosemu 5,5 semua bintang yang ada sebelumnya adalah bintang-bintang redup. Pada 2 Desember 2013, tampak bintang terang dengan magnitudo semu 5,5 dan inilah sebuah ledakan bintang yang kembali mewarnai langit dipenghujung tahun 2013.
     Dimalam selanjutnya pada 3 Desember, Ernesto Guido, Nick Howes, dan Martino Nicolini menggunakan teleskop robotik berdiameter 20 inch mencoba untuk melihat lebih dekat. Hasil dari pengamatan mereka menunjukkan bahwa ledakan bintang itu menampilkan garis emisi hidrogen yang sangat kuat dan memiliki magnitudo semu bukan 5,5 melainkan 4,7 atau 4,6 sehingga masih cukup terang untuk dapat diamati menggunakan binokuler atau teleskop-teleskop kelas amatir. Ledakan bintang ini memiliki nama PNV J13544700-5909080 atau Nova Centauri 2013

     Anda tertarik untuk mengamatinya? Bangunlah dipagi hari sekitar pukul 03.00 WIB hingga terbitnya matahari dan temukan rasi bintang Centaurus dibelahan langit sebelah selatan. Nova ini bersinar di sebelah barat bintang Beta Centauri atau Hadar dengan Koordinat RA 13h 54m 45s dan Deklinasi —59° 09.1′. Karena magnitudo semunya yang cukup redup yaitu 4,7 atau 4,6 disarankan pengamatan dilakukan menggunakan binokuler atau teleskop. Namun jika anda ingin memotretnya dengan menggunakan kamera DSLR, dengan lensa standar 18-55mm, eksposure 30 detik dan kondisi langit cerah – nova sudah dapat terdeteksi. Bila anda ingin menggunakan teleskop dan mencarinya dengan StarChart, anda dapat menggunakan Starchart dari AAVSO dimana lokasi nova berada di tengah StarChart.
Sumber:kafeastronomi.com

0 komentar:

Posting Komentar