Pages

Sabtu, 05 Juli 2014

Vega si Bintang Terang di Rasi Lyra

   

       Pernah tidak kalian menatap bintang di langit dengan penuh kekaguman?....pasti pernah dong :) ....nah kalian tau tidak jika kita melihat bintang yang berkelip di langit itu seperti melihat masa lalu :D... kenapa?...jawabannya,karena cahaya yang kita lihat dari bintang itu adalah chaya yang mungkin datang dari ratusan tahun yg lalu.Cahaya bintang yang kita lihat,membutuhkan waktu yang sangat lama untuk sampai ke penglihatan kita.Ini juga bisa di pengaruhi jarak bintang tersebut,contohnya bintang kita MATAHARI,cahaya matahari membutuhkan waktu kurang lebih 8 menit untuk mencapai ke penglihatan kita,nah karena matahari adalah bintang terdekat dengan kita yang mempunya jarak sekitar 150.000.000Km atau 1AU maka waktu yg di tempuh adalah 8menit tadi.

       Kecepatan cahaya memiliki kecepatan 300.000km/detik,nah tinggal kita hitung saja untuk jarak 150.000.000Km,simplekan :).Cahaya merupakan gelombang yang dapat merambat di ruang hampa dan cahaya juga memiliki kecepatan tercepat di dunia,belum ada kecepatan yang melebihi kecepatan cahaya.
       Bintang....ada berbagai bintang yang kita lihat di atas sana salah satunya bintang VEGA.
Vega Star
Bintang Vega ini adalah bintang paling terang gi rasi bintag Lyra,bintang ini mempunyai jarak dari matahari sekitar 25,3 tahun cahaya.Jauh bukan :).Bintang vega juga memiliki kelas spektrum A0V dan merupakan bintang deret utama yang sedang melakukan pembakaran hidrogen menjadi helium di inti bintang itu sendiri.Vega memiliki waktu bersinar hanya selama kira-kira 1 milyar tahun saja .... wahhh waktu yang singkat untuk kehidupan perbintangan :).
       Nahh...buat yang pingin lihat rasi Lyra ini ada gambarnya 
Lyra Constellation
       Nahh...sekian posting saya....saya Robby Muhammad Nst  :)  salam kenal....

0 komentar:

Posting Komentar