Pages

Selasa, 28 Oktober 2014

Apakah Black Hole Bisa Musnah?


Beberapa orang mungkin bertanya-tanya,jika blackhole adalah sebuah lubang yang terbentuk akibat runtuhnya sebuah bintang Maha Raksasa dan memiliki gravitasi yang sangat kuat,yang dapat memakan benda di sekitarnya bahkan cahaya sekalipun,apakah benda ini bisa musnah?.Bagaimana cara objek ini musnah atau menghilang sedangkan objek ini adalah objek yang bisa di sebut mematikan di alam semesta.Objek yang bahkan bisa memakan bintang yang besar,walaupun dengan perlahan.



Seorang Maha Fisikawan yang bernama Stephen Hawking mengeluarkan teorinya tentang Radiasi Hawking dimana maksud dari radiasi ini adalah radiasi yang di lepaskan oleh lubang hitam akibat efek kuantum di dekat horizon peristiwa.Awalnya pada tahun 1974 Stephen Hawking memprediksi bahwa lubang hitam memancarkan radiasi termal karena efek kuantum dan ini yang menyebabkan lubang hitam kehilangan massa lalu lenyap.






Tapi untuk teori ini masih agak di ragukan,karena para astronom masih belum melihat/mendeteksi tanda-tanda yang di sebut Hawking tadi.Tetapi ada sebuah tim ilmuwan di Italia mengatakan bahwa mereka telah mengamati sesuatu yang sangat mirip dengan radiasi yang di sebutkan oleh Hawking tadi.Mereka mengamati kejadian itu di sebuah laboratorium,dengan simulasi seperti ini.




Dalam percobaan, sinar laser menembus sampel dari kaca leburan silika (FS). Lensa pencitraan (I) mengumpulkan foton yang dipancarkan pada 90 derajat dan mengirimkan mereka ke spektrometer dan kamera CCD. (Kredit: F. Belgiorno, dll.)
Tapi,untuk mengatakan secara jelas saya belum bisa menyimpulkan bahwa radiasi ini benar-benar berlaku pada BlackHole tapi setidaknya teori ini dapat menjadi acuan untuk menemukan apa yang terjadi pada BlackHole dan bagaiman dia musnah.

0 komentar:

Posting Komentar